Selasa, 08 Februari 2011

Laporan Pencapaian MDGs Indonesia 2010


Millenium Development Goals (MDGs) atau Tujuan Pembangunan Millenium adalah sebuah paradigma pembangunan yang berpihak pada pemenuhan hak-hak dasar manusia dan akan menjadi landasan pembangunan di abad milennium. Paradigma pembangunan millennium baru ini merupakan kesepakatan 189 negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York pada September 2000 pada saat Konverensi Tingkat Tinggi (KTT) tentang Milenium.
Deklarasi tentang MDGs di antaranya ditanda tangani bersama oleh 147 kepala pemerintahan yang ikut menghadiri KTT tersebut termasuk Indonesia. Semua negara anggota diharuskan mengadopsi 8 (delapan) tujuan MDGs ke dalam rencana pembangunan nasional. Negara-negara anggota yang relatif tertinggal dalam pemenuhan hak-hak dasar manusia didorong untuk mempercepat pencapaiannya, sedang negara-negara yang telah mengalami kemajuan dalam pembangunan manusia berkewajiban untuk membantu Negara-negera yang sedang berkembang dan tertinggal.
Ke 8 tujuan tersebut adalah : 1) Memberantas Kemiskinan dan kelaparan ekstrim, 2) Mencapai Pendidikan Dasar untuk Semua, 3)Mendorong Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan, 4) Menurunkan angka kematian Anak, 5) Meningkatkan Kesehatan Ibu, 6) Memerangi HIV/AIDS, Malaria, dan penyakit menular lainnya, 7) Memastikan kelestarian lingkungan hidup, dan 8) Mengembangkan kemitraan global untuk Pembangunan.
Berikut adalah laporan pencapaian MDGs 2010 yang dikeluarkan oleh Bappenas, silahkan download di: 
http://www.ziddu.com/download/13730962/LaporanMDGs2010.pdf.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar