Minggu, 06 Februari 2011

Swara Parangpuan Buka Rumah Aspirasi di Minahasa

Tribun Manado - Rabu, 19 Januari 2011 13:15 WIB
Laporan Wartawan Tribun Manado: Lucky Kawengian

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Swara Parangpuan berencana membuka rumah aspirasi di Minahasa. Rumah aspirasi ini akan berfungsi sebagai pusat pengaduan dari masyarakat, khususnya perempuan yang ingin melaporkan masalah gender atau tindakan yang merugikan perempuan.

Hal ini diungkapkan Vivi George, Direktur Eksekutif Swara Parangpuan Sulut saat melakukan sosialisasi program peningkatan kapasitas kepemimpinan politik perempuan dalam penyusunan kebijakan berbasis
Millenium Development Goals (MDGs), Rabu (19/1/2011) di ruang sidang DPRD Minahasa.

Saat diwawancarai Tribun Manado, Vivi menjelaskan, pembuatan rumah aspirasi untuk perempuan ini adalah bagian dari program kerja untuk mencapai tujuan MDGs yang diantaranya adalah pemberdayaan perempuan.

"Rumah aspirasi ini adalah wadah untuk semua perempuan Minahasa untuk menyampaikan pengaduan terkait masalah-masalah yang dialami perempuan," ujarnya
. Selain itu, Vivi mengatakan untuk memaksimalkan peran perempuan dalam masyarakat, kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan saat itu juga diharapkan bisa memberi dorongan untuk perempuan Minahasa untuk berjuang untuk kaumnya. Menurutnya, keberadaan perempuan dalam DPRD Minahasa bisa menjadi keuntungan tersendiri.

"Kami berharap para perempuan yang berada dalam pemerintahan bisa memberikan kontribusi melalui pengambilan kebijakan atau aturan yang berpihak pada perempuan. Bahkan bukan tidak mungkin akan ada peraturan daerah yang khusus mengatur tentang perlindungan pada perempuan," ujarnya.

Acara ini diikuti oleh lima perempuan anggota DPRD Minahasa, serta organisasi kemasyarakatan dan kemahasiswaan.

Penulis : Lucky_Kawengian
Editor : Andrew_Pattymahu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar