Minggu, 06 Februari 2011

Swapar Buka Rumah Aspirasi

TONDANO Rabu (19/1) kemarin, Swara Parangpuang di bawah pimpinan Direktur Eksekutif Sulut Vivi George, menggelar Sosialisasi Program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Politik Perempuan dalam Penyusunan Kebijakan berbasis millenium development goals (MDGs).

Sosialisasi ini sendiri dilaksanakan di ruang sidang DPRD Minahasa dan diikuti oleh LSM, media, dan anggota DPRD Perempuan yang saat ini dipercayakan menjadi wakil rakyat yakni Ivone Andris, Linda Sajouw, Yuliana Lumentah, Theresye Kaligis, dan Rini Manus.

Menurut George, sosialisasi yang dilakukan ini didanai oleh Parnership for Govemance Reform in Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Provinsi Sulut, Kabupaten Minahasa, dan Bolmut. Alasan Swara Parangpuang memilih Minahasa lebih khusus di lembaga DPRD, karena keterwakilan kaum perempuan di DPRD Minahasa mencapai 29 persen atau 9 orang dari 35 anggota DPRD.

Bila melihat peran serta perempuan di Kabupaten Minahasa, jelas tidak diragukan lagi. Pasalnya perempuan juga bisa sejajar dengan kaum laki-laki dan bisa mengisi posisi-posisi sentral seperti halnya menjadi anggota DPRD”, tegas George. George juga menjelaskan, Kabupaten Minahasa menjadi salah satu daerah sasaran untuk pengembangan dan mempersiapkan perempuan yang tangguh, dan dapat diperhitungkan di masyarakat. Selain menyiapkan perempuan-perempuan yang tangguh, Swara Parangpuang juga akan membangun rumah aspirasi di Kabupaten Minahasa.

“Rumah aspirasi ini sendiri ke depan bisa digunakan sebagai pusat pengaduan perempuan, yang ingin melaporkan masalah gender atau tindakan yang merugikan perempuan” ujar George. Ditambahkannya, rumah aspirasi merupakan bagian dari program kerja Swapar, untuk mencapai tujuan MDGs yang di antaranya pemberdayaan perempuan.

Secara pribadi saya sangat berterimakasih kepada para anggota DPRD perempuan dari Minahasa yang sangat merespon positif kegiatan Swara Parangpuang, ungkap George. Selain sosialisasi, kegiatan juga diisi dengan sesi tanya jawab. (ylo/myw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar